
![]() |
AKADEMI
MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER [AMIK] TRI DHARMA PALU
MAKALAH
KOMPUTER
Disusun Oleh:
Kelompok 1
1.
Nurjannah
Tri Wahyuni (2016 2 007)
2.
Nandes
(2016 2 012)
3.
Roysman
PEMBIMBING:
ACO LELE, S.Kom.,MM
PROGRAM DIPLOMA III (D-3)
PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
DAN TEKNIK INFORMATIKA
AMIK TRI DHARMA PALU
2018
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur kami panjatkan kehadirat
Allah Tuhan Yang Maha Esa. Karena dengan ridho-Nyalah sehingga kami dapat
menyelesaikan makalah ini. Adapun materi yang akan dibahas dalam makalah ini adalah
“KOMPUTER”. kami mengucapkan terima kasih terhadap semua pihak yang telah
membantu dalam menyelesaikan makalah ini. Terutama kepada Bapak ACO LELE,
S.Kom.,MM selaku Dosen Pembimbing mata
kuliah Interaksi Manusia dan Komputer.
Kami
menyadari bahwa dalam menyusun makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh
karena itu, kami mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca agar
nantinya makalah ini dapat mengenai proses perbaikan yang lebih baik lagi.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat
bagi pembacanya. Demikian halnya dengan kami yang telah mendapat pengetahuan
dalam menyusun makalah ini.
Palu, 2018
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang 1
1.2 Rumusan Masalah 1
1.3 Tujuan 1
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Komputer 2
2.2 Komponen-komponen Komputer 3
2.3 Peralatan Input dan Output......................................................................................... 4
2.3.1
Peralatan Input Komputer........................................................................................
5
2.3.2
Peralatan Output Komputer......................................................................................
10
BAB III PENUTUP
3.1
Kesimpulan 15
DAFTAR
PUSTAKA 7
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR
BELAKANG
Komputer merupakan salah satu alat yang sangat
penting dan membantu kegiatan-kegiatan yang terjadi di masyarakat. Penggunaannya
saat ini sudah mencakup berbagai aspek kehidupan, mulai dari penggunaan
komputer di sekolah kantor, pabrik, dan di rumah.
Saat ini komputer juga ditunjang dengan adanya
internet sebagai suatu sarana pelengkap dalam penggunaan sebuah komputer,
dengan adanya internet ini sangat membantu dalam mencari informasi dan
kebutuhan yang diperlukan seperti browsing, video streaming, download, dan
terutama online game yang sangat berpengaruh dalam perkembangan teknologi dan
jaringan internet.
1.2 RUMUSAN
MASALAH
1.2.1
Apa yang
dimaksud dengan komputer?
1.2.2
Apa saja
komponen dari komputer?
1.2.3
Apa saja
jenis-jenis peralatan input dan output?
1.3 TUJUAN
1.3.1
memahami
pengertian, komponen, dan peralatan
input dan output komputer
1.3.2
menguasai
konsep-konsep imk dengan baik
1.3.3
dapat mendesain
software sesuai prinsip user centered design
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Definisi Computer
Kata komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang artinya menghitung.
Menurut Hamacher. komputer adalah
mesin pcnghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input
digital. kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di
memorinya dan menghasilkan output berupa informasi. Secara definisi komputer
diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, apat
menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output)
serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Jadi
cara kerja komputer dapat digambarkan sebagai berikut
![]() |
|||||||
![]() |
|||||||
![]() |
![]() |
||||||
Gambar 3. 1 Cara Kerja Komputer
1.
Input device/peralatan input adalah perangkat
keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalarn komputer.
2.
Process adalah perangkat utama komputer yang
mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri.
Processor terdiri dari 2 bagian yaitu:
·
Control Unit (CU) merupakan
komponen yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer.
·
Logic Unit (ALU) merupakan bagian
khusus yang mengolah data aritmatika dan data logika.
3.
Memori adalah media penyimpan data
pada komputer. Memori terdiri dari 2 bagian yaitu:
·
Read Only Memori (ROM) merupakan
memori yang hanya dapat dibaca saja dan sudah diisi oleh pabrik pembuat
komputer. Perintah ROMdigunakan untuk membaca sistern operasi di disk.
·
Random Access Mernori (RAM)
merupakan memori yang dapat diakses secara random yang berfungsi untuk
menyimpan data untuk sementarawaktu.
4.
Output device/peralatan output adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan
keluaran.
2.2 komponen computer
Komponen - komponen komputer terdiri dari 3 bagian yang
tidak dapatdipisahkan yaitu:
1.
Hardware (Perangkat Keras)
Perangkat keras adalah peralatan fisik dan komputer yang
dapat kita lihatdan rasakan. Hardware
terdiri dari: peralatan input/output,
storage device (perangkat
penyimpanan), monitor, casing unit dan Central Processing Unit(CPU).
2.
Software (Perangkat Lunak)
Perangkat lunak adalah program komputer yang berguna untuk
menjalankan suatu pekerjaan. Software terdiri dari : sistem operasi. program
utility, program aplikasi, program paket dan bahasa pemrograman
3.
Brainware (User)
User adalah pengguna yang terlibat langsung dalam pemakaian
komputer, seperti sistem analis, programmer, operator, dan lain-lain.
2.3 peralatan input dan output
komputer
2.3.1
Peralatan Input
Peralatan input digunakan untuk memasukkan data dari
program ke dalam komputer. Peralatan input dapat digolongkan menjadi alat input
langsung dan alat input tidak langsung. Alat input langsung yaitu alat yang
dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses, seperti: papan ketik (keyboard), pointing device (mouse, touch
screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner, sensor (digitizing camera), voice recognizer (microphone).
Alat input tidak langsung yaitu input yang dimasukkan melalui media tertentu
sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses, seperti :kepunch melalui media
punched card (kartu plong) dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (disket atau harddisk).
Keyboard
Keyboard merupakan piranti terbaik untuk inputan berbentuk
teks. Meskipun demikian, penelitian menunjukkan bahwa untuk rnelaksanakan
pekerjaan berbentuk pilihan (mis: dari suatu menu), keyboard lebih lambat,
kurang akurat, dan kurang disukai pengguna dibandingkan piranti masukan lainnya.
Setiap
keyboard mcmpunyai bentuk dan susunan yang berbeda yaitu
1.
Keyboard QWERTY.
Keyboard ini dibuat berdasarkan layout mesin ketik.
Dinamakan QWERTY karena tombo-tombol huruf Q, W, E, R, T, dan Y berada secara
berurutan seperti terlihat dalam bans paling atas dan papan ketik ini (dipakai
pada kebanyakan keyboard komputer saat ini). Keyboard QWERTY didesain sedemikian
rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisah letaknya sejauh mungkin,
sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saat mengetik. Meskipun keyboard ini
banyak digunakan, tetapi memiliki kelemahan dan ketidakefisienan. Sebanyak 48
persen dan gerakan diantara huruf yang berurutan harus dilakukan dengan sebuah
tangan, misalnya kata sadar dan cara.

Gambar 3.2 Keyboard QWERTY
2.
Keyboard Alphabetic
Keyboard ini berdasarkan alphabet bagi negara-negara yang memiliki bahasa selain
dari alphabet yang ada, seperti Arab, Rusia dan Cina. Bentuk keyboard ini sama
dengan susunan keyboard QWERTY, tetapi berbeda pada huruf di tornbolnya.
3.
Keyboard DVORAK.
Keyboard ini dirancang sedemikian rupa untuk mengurangi
pergerakan jari. Susunan keyboard akan rnenyebabkan tangan kanan memiliki beban
yang lebih banyak dan tangan kiri. Sehingga keyboard ini bisa meningkatkan
kecepatan 10-15% dan keyboard QWERTY dan sekaligus dapat mengurangi kelelahan
pada saat mengetik. Jenis keboard ini tidak tersedia banyak di pasaran karena
user terbiasa mengetik menggunakan keyboard QWERTY. Keyboard DVORAK seperti
ditunjukkan pada gambar berikut:

Gambar 3.3 Keyboard DVORAK -
4.
Keyboard chord.

Gambar 3.4 Keyboard Chord
Mouse

Gambar 3.5 Mouse
Joystick
Gerakan kursor pada joystick dikendalikan sebuah tuas yang
ditanamkan pada sebuah alas.
Sifat
Joystick antara Lain:
·
Membutuhkan tempat yang sedikit.
·
Tidak mengganggu layar
·
Harganya murah, sehingga banyak
digunakan pada permainan komputer (game) seperti : permainan pesawat, mobil
balap dan sebagainya.
Joystick seperti ditunjukkan
pada gambar berikut:
![]() |
Gambar 3.6 Joystick
Trackball
Trackball dapat dilukiskan sebagai gabungan fungsi dan
joystick dan mouse. Trackball terdiri atas dasar yang tetap, yang menyangga
sebuah bola. User hanya menggerakkan bola untuk memindahkan kursor. Arah dan
kecepatan kursor pada layar ditentukan oleh arah dan gerakan rotasi bola yang
ada di atas badan trackball.
Sifat
trackball yaitu:
·
Mudah dipelajari
·
Memhutuhkan sedikit ruangan
(seperti joystick)
·
Salah satu piranti penuding yang
terefisin (dalam hal ketepatan dan kecepatan)
Trackball
seperti ditunjukkan pada gambar berikut:
![]() |
Gambar 3.7 Trackball
Trackpoint
Trackpoint dikenaf sebagai G-stick yang merupakan miniatur
dan joystick yang diletakkan diantara kunci G dan H pada keyboard. Biasanya
dipakai bersama dengan 2 buah tombol dan fungsinya sama dengan mouse. Trackpoint
dioperasikan cukup dengan satu jari saja dan tidak memerlukan ruang karena
ditempelkan pada keyboard.
Trackpoint
seperti ditunjukkan pada gambar berikut:
![]() |
Gambar 3.8 Trackpoint
Light Pen (Pena Cahaya)
Light Pen merupakan pena yang membangkitkan informasi
ketika ditudingkan pada layar. Ketika light pen ditudingkan pada layar. sebuah
lensa memfokuskan setiap cahaya yang dipancarkan dan layar menuju sebuah
detektor cahaya atau photocell. Light pen sangat akurat karena dapat menandai
pixel secara individual sehingga dapat digunakan untuk memilih dengan cara yang
lebih baik dan juga dapat digunakan untuk menggambar, Permasalahan pada light
pen antara lain:
·
Pena dapat mengganggu Iayar
·
Gampang rusak atau patah
·
Melelahkan tangan
Light
pen seperti ditunjukkan pada gambar berikut:
![]() |
Gambar 3.9 Light pen (pena cahaya)
Touch Screen (Layar Sentuh)
Touch screen merupakan alat input yang mempunyai fungsi
yang samadengan fungsi mouse dan keyboard. Touch screen sensitif terhadap
sentuhan. bisa mendeteksi adanya jari-jari atau pena untuk menulis di layar.
Cara kerjanyaadalah dengan mengintrupsi matriks berkas cahaya atau dengan
mendeteksi adanya perubahan kapasitansi bahkan pantulan ultrasonic.

Keuntungan
touch screen:
·
Cepat & tdk membutuhkan
pointer khusus
·
Baik utk pemilihan menu
·
Membutuhkan sedikit atau tanpa
tambahan ruang kerja
Kerugian
touch screen:
·
Jari-jari dapat mengotori layar
·
Dapat menyebabkan kelelahan lengan
·
cocok ditempatkan dalam lingkungan
yang tidak ramah, mis: mesin pabrik, kabin pesawat, dsb.
·
Jari tangan bukan alat penuding
yang presisi, terutama untuk untuk menuding bagian-bagian daerah yang kecil
Pengenalan Suara
Pengenalan suara merupakan teknologi yang di desain secara
otomatis untuk mengerjakan sesuatu dengan perintah suara. Sistem pengenalan
suara biasanya banyak digunakan untuk kepenluan keamanan. Terdapat 2 kategori
utama dan piranti masukan berbentuk suara yaitu:
·
Piranti-piranti pengenalan kata (word recognition) yang mampu merespon
ucapan-ucapan secara Individu atau perintah-perintah yang menggunakan teknik
yang dikenal sebagai speaker verification. Pertama kali sistem akan
membangkitkan suatu template untuk mengenali suara user
·
Piranti pengenalan kalimat (speech
recognition) yang mampu mengenali hubungan antar kata terucap didalam kalimat
atau frase. Teknik-teknikstatistik dipakai dalam hal pola perekaman suara yang
akan dicocokkan dengan kata-kata terucap
Permasalahan
pada pengenalan suara yaitu:
·
Sistern kosa kata terbatas
·
Hanya untuk pengguna tunggal
·
Ketidak-tepatan pada cara
pengucapan (logat)
Sidik Jari (fingerprint)
Sidik jari banyak digunakan untuk sarana keamanan karena
sidik jarimempunyai ciri yang unik. Setiap manusia memiliki sidik jari yang
berbeda antara yang satu dengan yang lain. Pada awalnya, sidik jari seseorang
dimasukkan dan disimpan ke dalam database komputer menggunakan alat seperti
scanner, sinar optik atau yang Iainnya. Apabila user akan menggunakan sistem
komputer, maka dia diminta memasukkan data (sidik jari) melalui alat yang
terhubung ke komputer. Jika data yang dirnasukkan sama dengan data yang ada
dalam database, user berhak menggunakan sistem komputer tersebut.
Pemasalahan
pada pengenalan sidik jan yaitu:
·
Dipengaruhi oleh kondisi kulit
·
Sensor rnudah kotor
·
Tidak bisa digunakan oleh banyak
orang (cacatjari)
Pemilihan Peralatan Input
Pemilihan peralatan input disesuaikan dengan pekcijaan dan user
yangmenggunakan, seperti ditunjukkan pada tabel di bawah ini:
Tabel 2.3.1 Pemilihan Peralatan Input
Jenis Pekerjaan
|
Piranti Yang Cocok
|
Masukan numeric
|
Tombol Nurnenik
|
Masukan Teks
|
Keyboard Alphanumerik (QWERTY)
|
Seleksi Objek
|
Mouse, joystick,
trackball, light pen
|
Manipulasi Objek
|
Mouse, joystick,
trackball, light pen
|
Tracking (drawing)
|
Mouse, Light Pen
|
Panduaan untuk
memilih peralatan input antara lain:
·
Pertimbangkan karakteristik dan
user sekarang dan masa datang
·
Cocokkan karakteristik piranti
masukan terhadap persyaratan yang diminta
·
Pertimbangkan penelitian
sebelumnya dan unjuk kerja user
·
Ujilah piranti masukan didalam
lingkungan kerja
·
Optimumkan sifat-sifat piranti
yang mudah dimodifikasi
2.3.2 Peralatan
Output
Output yang
dihasilkan komputer berasal dari pengolahan data yang dapat digolongkan menjadi
4 bentuk yaitu:
·
Tulisan terdiri dari huruf, angka,
karakter khusus dan simbol
·
Image dalam bentuk grafik atau
gambar
·
Suara dalam bentuk musik, ucapan
atau suara lainnya
·
Bentuk yang dapat dibaca oleh
mesin dalam bentuk simbol yang hanya dapat dibaca dan dimengerti oleh komputer.
Layar Penampil
Layar penampil adalah sumber utama informasi dan memilikiketerbatasan
dibandingkan kertas. Pada dasarnya semua layar penampil memiliki 3 komponen utama,
yaitu:
·
Pengingat digital (frame buffer)
·
Layar penampil
·
Pengendal tampilan (display controller) Ada 2 macam cara
menampilkan gambar yaitu:
·
Vector display; pengingat digitalnya berisi
daftar tampilan dan program tampilan
·
Raster displui; garis, karakter, dan bentuk-bentuk
lain digambar berdasarkan komponen terkecilnya yaitu titik yang sering disebut
pixel
Macam-macam layar
penampil yaitu:
1.
Cathode Ray Tubes (CRT)
CRT berupa aliran electron yang dipancarkan dari pemancar
electron yang kemudian difokuskan dan diarahkan oleh medan magnet. sehingga
mengenai layar yang dilapisi fosfor yang rnembuatnya bersinar.
Gambar 3.11 CRT
![]() |
Terdapat
3 jenis CRT yaitu:
1.
Raster Scan
Sering ditemui di pasaran seperti pada televise, dimana
semburan cahaya dipindai dari kiri ke kanan, dikilas balik untuk rescan dan
atas ke bawah dan terus diulang-ulang pada frekuensi 30 hertz per frame.
terkadang lebih tinggi untuk mengurangi kedipan.
Resolusi pada raster scan biasanya pada ukuran 5 12 x 5 12.
namun layar dengan kualitas yang lebih baik memiliki resolusi 1600 x 1200
piksel. Televise dengan tampilan hitam putih hanya menampilkan grayscale yang
dihasilkan dari semburan electron. Pada televise warna dan monitor komputer,
warna didapatkan dari tiga sinar electron yang terpisah yang berwarna merah,
hijau, biru, yang dapat dikombinasikan membentuk warna yang diinginkan di
layar.
2.
Random Scan
Jenis ini tidak memindai semua tampilan secara sekuensial
atau secara horizontal. Pemindaian acak hanya akan menuliskan baris-baris yang
akan ditampilkan secara langsung. Layar akan diupdate dengan kecepatan> 30
Hz sehingga mengurangi kedip. Resolusi tertinggi sampai 4096 x 4096 piksel.
3.
Direct view Storage tube (DVST)
DVST banyak digunakan pada oscilloscope analog. Citra
diolah menggunakan pemancar alir sehingga tidak ada kedip. yang secara bertahap
di-update tetapi dapat menghapus secara selektif. Citra harusdigambar ulang
pada layar yang telah dihapus. Resolusi tinggi biasanya sampai 4096 x 3120
piksel.
Keuntungan CRT yaitu:
·
Murah
·
Cukup cepat untuk animasi yang
butuh kecepatan
·
Kemampuan warna yang tinggi
·
Penambahan resolusi juga menambah
harga
Kerugian CRT yaitu:
·
Memiliki bentuk besar
·
Berrnasalah dengan efek bergerigi
·
Kedipan, pembacaan yang susah dan
kontras yang rendah dapat menyebabkan ketegangan dan kelelahan pada mata
1.
LCD(Liquid Crystal Display) Screen
LCD rnenggunakan lebih sedikit energy karena bentuk layarnya
pipih, lebih kecil, ringan dan tanpa masalah radiasi. LCD memiliki lapisan
cristal cair yang diapit oleh dua lempengan gelas. Lempengan yang atas
transparan dan terpolarisasi sedangkan lempengan yang bawah melakukan refleksi.
Kelemahan LCD adalah tampilanya kurang jelas apabila dilihat dari samping
karena LCD tidak mengeluarkan sinar seperti CRT.
2.
Large Display Screen
Interface dengan tampilan yang memiliki ukuran besar pada
talun 90-an sudah tersedia di pasaran. Tujuan large display adalah agar dapat
dilihat oleh banyak user.
Jenis large display screen adalah:
1.
Liveboard
Liveboard ditemukan oleh Xerox pada awal tahun 90-an, memiliki
ukuran 50 inch tetapi masih kurang baik untuk penglihatan dan sudut tertentu.
2.
Smart board
Smart board memiliki ukuran screen 67 inch. Teknologi ini
memiliki touch screen input dan memiliki tampilan yang baik pada sudut
tertentu, tetapi masih kabur kalau dilihat dari sudut yang ekstrem.
3.
Projection

Gambar 3.12 layar penampil
Pedoman
warna dalam penggunaan layar tampilan yaitu
·
Jumlah warna yang ideal maksimum
5-10
·
Retina mata manusia tidak sensitif
terhadap warna merah dan hijau. oleh sebab itu informasi yang dimasukkan untuk
mencari perhatian tidak rnenggunakan wama tersebut (walaupun ada stereotip
bahwa merah berarti bahaya atau salah).
·
Biru sebaiknya tidak dipakai untuk
teks yang menyatakan pusat perhatian. Biru sangat cocok untuk warna latar
belakang
·
Pasangan wama yang saling
berkomplemen adalah merah / hijau dan kuning/biru
·
Hindari warna dengan tingkat luimnansinya rendah untuk orang tua
Printer
Printer berfungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan
tampilan lain ke media kertas. Resolusi printer disebut dpi (dot per inchi), jumlah titik dalam area inchi. Semakin tinggi
resolusinya maka semakin bagus cetakan yang dihasilkan.Sebaliknya semakin
rendah resolusinya maka hasil cetakan akan buruk. Jenis printer yaitu:
·
Dot matrix printer memiliki
resolusi 80-120 dpi. Printer ini menggunakan kepala cetak yang berisi
sekumpulan jarum besi. Image atau karakter dibentuk dengan kombinasi jarum yang
membentuk pola yang akan dicetak. Pola dan jarum diketukkan ke karbon sehingga
membentuk pola yang dikehendaki di kertas
Keuntungan memakai
printer mi adalah:
-
Hargalebihmurah
-
Bisa mencetak image
-
Harga pita tinta murah Kerugiannya
adalah:
-
Kualitas karakter atau image kurang
baik
-
Akses tidak cepat
·
Inkjet printer memiliki resolusi
600 dpi. Printer ini membentuk karakter atau grafik dengan suatu kepala cetak
yang mempunyai pipa penyemprot kecil (nozzle) yang menyemprotkan tinta ke
kertas. Supaya mendapatkan hasil yang tepat dan benar, tinta yang disemprotkan
diarahkan ke bidang sasam oleh satu atau lebih electronic deflector yang
mengatur posisi horizontal dan vertikal dan tinta yang disemprotkan.
Keuntungan printer ini
adalah:
-
Kualitas pencetakan yang baik1
-
Mampu mencetak image dengan beberapa
warna dengan menggunakan beberapa nozzle yang berbeda.
·
Laser printer memiliki resolusi
1200 dpi. Printer ini merupakan teknologi gabungan antara teknologi xero
graphic yang ditemukan di fotocopy dengan teknologi laser. Dengan sistem ini
output digital dan komputer diubah menjadi pulsa sinar laser dan ditembakkan ke
suatu drum yang peka terhadap sinar laser. Keuntungan printer ini dapat
mencetak kualitas karakter yang baik.
Speaker
Speaker digunakan untuk menampilkan suara seperti : musik,
alarm,suara manusia dan sebagainya yang dapat diatur melalui program. Output
suara banyak dijumpai pada program permainan dan aplikasi multimedia.
Scanner
Scanner berfungsi untuk membaca sebuah dokumen yang
tertulis pada suatu kertas, seperti teks, image, dan sebagainya. Jenis scanner
yaitu
·
Flatbed (scanner besar)
Scanner jenis ini banyak digunakan karena harganya relatif murah
dari cara penggunaannya yang praktis,
·
Hand-held (scanner genggam)
Scanner jenis ini banyak digunakan oleh mobile user, siswa,
dan para ahli karena mudah dibawa ke mana saja. Cara kerja scanner ini dengan
meletakkan pen diatas teks yang akan diambil. Kebanyakan scanner jenis ini
berhubungan dengan PDA.
·
Sheet-Fed (scan foto)
Scanner jenis ini banyak digunakan untuk keperluan scan
foto. Ukurannya lebih kecil dari scanner flatbed.
·
Drum
Scanner jenis ini banyak digunakan oleh industry. berharga
mahal, bisa melakukan pekerjaan dengan cepat dan banyak.

Gambar 3.13 Scanner
BAB
III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Komputer yang baik
dapat menunjang pengolahan data dengan baik dibawah control program yang
tersimpan di memori. Tentu kita ketahui bersama komputer yang baik yaitu komputer
yang memiliki komponen-komponen lengkap serta peralatan input dan output yang
berfungsi dangan baik.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Sudarmawan; Ariyus, Dony;
Interaksi Manusia dan Komputer, Andi Offset Yogyakarta, 2007
2.
Surbakti, Irfan; lnteraksi Manusia
Dan Komputer, Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS, 2006
3.
Yuhefizar, www.ilmukmputer.com,2003.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar