TUGAS INDIVIDU II --> E-COMMERCE
BAB 4
MOBILE –COMMERCE
1) Menurut Anda apa yang di maksud dengan MOBILE -COMMERCE ? serta berikan
contohnya.
Jawab :
Mobile Commerce adalah pembelian atau penjualan
komuditas – komuditas, jasa, atau informasi dengan menggunakan internet
Contohnya
:
Layanan
Perbankan : Mobile Banking BRI
2) Apa yang melatar belakangi munculnya MOBILE -COMMERCE ?
Jawab
:
Karena banyaknya penjualan online sehingga para programmer membuat suatu
inovasi yaitu membuat mobile commerce.
3) Bagaimana cara kerja MOBILE -COMMERCE ?
Jawab :
• Mengatur Mobile Website
Anda
• Klaim Bisnis Anda Pada
Platform Yang Berbasis Lokasi
Anda
harus klaim bisnis Anda pada platform yang berbasis lokasi seperti Foursquare,
Gowalla dan Facebook Places, terutama jika Anda mempunyai sebuah lokasi
brick-and-mortar.
• Libatkan Diri Anda
4) Apa yang di maksud dengan smart city ? dan apakah di Indonesia sudah
menerapkan smart city ? jika ya tolong di jelaskan.
Jawab
:
Smart
city adalah konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal
kegiatan masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan
efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat,
hingga untuk mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya,
Ya, Smart City di Indonesia telah diterapkan
Di indonesia sudah ada beberapa kota yang sudah
menerapkan konsep smart city diantaranya: DKI Jakarta, Bandung, Balikpapan,
Makasar, Surabaya.
DKI
Jakarta
Bandung
• Telah terdapat 5000 wifi
disetiap ruang public
• Pelayanan public lewat
jaringan sosial media seperti twitter
• Setiap dinas memiliki data
digital
• kartu parkir berbayar
• smart goverment dengan
mengupgread sistem di pemerintahan dari paper ke paperless dengan sistem
informasi yang user friendly
• Bandung akan punya kota
pintar yang akan dinamai Bandung Technopolis seluas 400 hektar. Kota pintar di
Gede Bage itu nantinya akan menjadi prototipe penerapan smart city di Indonesia
Balik
papan
• Balikpapan didirikan data
center terbesar di indonesia
• Kota yang berbabis cerdas
teknologi ini akan menghasilkan kreativitas digital ( Digital Creative Center)
bagi para pengguna teknologi yang ada di Kalimantan timur, khususnya
Balikpapan.
• Data center di Balikpapan
sudah mengalahkan Luas data center yang ada di Surabaya (5.500 m2), sentul
(8.000 m2) dan serprong (20.000 m2)
Makasar
• Jalan Layang di Pantai
Losari Dari Belakang HGM (Hotel Golden Makassar) ke Depan Fort Rotterdam
• Smart Hospital, menambahkan
perangkat sensor pada pasien (location tracking devices) dan papan status yang
ditempatkan diruang tunggu untuk melacak keberadaan pasien (electronic status
board)
• Smart Parking Censor
Platform, fitur mengisi bensin dan menambahkan fitur cuci kendaraan dan service
• Balikpapan, Telkom juga
berencana membangun pusat kreativitas digital (digital creative center),
sebagai fasilitas berbasis teknologi canggih.
• 1.000 titik akses koneksi
internet berbasis wireless melalui @wifi.id di berbagai lokasi di Balikpapan
Surabaya
• Kota Surabaya adalah kota
yang memenangkan ajang Smart City Award
2011 yakni Smart Environment, Smart Living, dan Smart Governance.
• Di Surabaya banyak terdapat
open space, bahkan surabaya sudah meningkatkan ruang terbuka hijau menjadi 40%.
Salah satu taman di surabaya membuat kota Surabaya mendapat penghargaan dari
adiwiyata dan taman terbaik di Asia.
• Pendekatan kualitatif
dengan metode studi kasus ekploratoris yang berbekal sedikit teori dan
mengeksplorasi fenomena kasus. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa proses
pembangunan Kota Surabaya menuju Smart City
BAB 5
CONTOH APLIKASI DAN LAYANAN
E-COMMERCE
1) Sebutkan dan jelaskan
penerapan aplikasi E-COMMERCE !
Jawab :
• PENDIDIKAN yaitu seperti
penjualan buku mata pelajaran,
• TRANSPORTASI yaitu seperti
Gojek online, Grab dll,
• TEKNOLOGI yaitu seperti
penjualan tv, alat olahraga, dll,
• KULINER yaitu seperti
deliveri makanan, pengenalan beragam resep makanan,
• PARIWISATA yaitu seperti
pengenalan wisaa tanjung karang, permandian air panas bora, dll
2) Sebutkan masing-masing 5
layanan E-COMMERCE yang trend saat ini di dunia dan di indonesia! serta berikan
data statistis masing-masing layanan E-COMMERCE tersebut berada di urutan
keberapa.
Jawab :
5 Layanan e- commerce yaitu Amazone, hmv, lazada, olx, dan tokopedia.
Data statistis
dari layanan e- commerce di atas yaitu toko pedia pada urutan pertama, lazada
urutan kedua, olx urutan ke tujuh,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar