TUGAS INDIVIDU VII --> INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
BAB XIII
AUDIO DAN AGENT
1) Apa perbedaan audio dan
agent pada Interaksi Manusia dan Komputer ?
Jawab
:
Audio
Dalam sistem komunikasi bercirikan suara, sinyal elektrik digunakan untuk
membawa unsur bunyi. Istilah ini juga biasa digunakan untuk menerangkan sistem
- sistem yang berkaitan dengan proses perekaman dan transmisi yaitu sistem
pengambilan / penangkapan suara, sambungan transmisi pembawa bunyi, amplifier
dan lainny. Sedangkan agent Ialah perantara / perwakilan yang aktif dan mampu
menghasilkan efek tertentu (dictionary). Agent sering juga disebut bot /
software yang mampu mengumpulkan informasi tanpa perlu ada kehadiran manusia,
yang membantu user dan menggantikan peran user melaksanakan tugas yang
berhubungan dengan komputer.
2) Menurut anda apakah
Pengenalan audio dan agent yang diterapkan dalam tampilan interface, sudah sukses ? berikan penjelasan.
Jawab :
Ya, karena audio sangat berperan dalam lingkungan masyarakat,
contohnya di stasiun televisi di
Indonesia.
BAB IV
SISTEM BERSENSOR GANDA
1) Jelaskan apa yang dimaksud
text, hiperteks, hypermedia, hydomis berserta contohnya.
Jawab :
Text : Text adalah suatu text yang memberikan suatu
informasi dan tidak menggunakan proses formatting text khusus yang biasanya
menjelaskan bagaimana suatu program berjalan, lalu memberi bimbingan pada user
dalam menjalankan suatu navigasi tertentu.
Contoh : terdiri
dari huruf, kata, kalimat, hingga paragraf
Hiperteks :
Hypertext adalah text yang berhubungan dengan dokumen lain atau teks
yang nge-link ke informasi lain. Pada link dalam dokumen hypertext apabila di
klik, maka dapat dengan cepat menuju/ melompat ke konten yang berbeda.
Contoh : web
menggunakan html
Hypermedia : Hypermedia adalah media yang tidak hanya memuat
teks saja, namun juga foto, audio dan video dan grafis komputer yang
berhubungan dengan topik tertentu.
Contoh : majalah digital atau berita pada
situs web tertentu
Hydomis : HyDoMiS (Hyperdocument
Meta-information System)
Perkembangan
teknologi jaringan komputer mengharuskan organisasi untuk membangun dokumen
hypermedia yang bertujuan bisnis, pendidikan maupun sosial. Dokumen-dokumen
yang dimasukkan ke dalam kategori hypermedia disebut dengan hiperdokumen
(hyperdocument) karena dokumen tersebut berada di dunia hiper.Metadata secara
umum dikenal dengan data tentang data atau informasi tentang informasi
Contoh :
<html>
<head>
<meta name="GENERATOR"
content="Microsoft FrontPage 5.0">
<meta
name="ProgId" content="FrontPage.Editor.Document">
<meta
http-equiv="Content-Type" content="text/html;
charset=windows-1252">
<title>New
Page 1</title>
</head>
<body>
</body>
</html>
2) Apa fungsi dari sistem
pengenalan gerak, computer vision, aplikasi sistem multimedia serta realitas
virtual dan berikan contoh masing-masing.
Jawab :
sistem pengenalan gerak
Fungsi
dari sistem pengenalan gerak adalah untuk mekukan pergerakan mengontrol
komputer. Contohnya, teknologi vision system
computer vision
Sistem
visi yang baik memungkinkan komputer mengenali user dan membentuk system yang
sesuai permintaan. Contoh : Salah satu aplikasi komputer visi adalah Argus.
Argus adalah salah satu aplikasi dari komputer visi yang berfungsi sebagai
penjaga pintu digital. Argus bekerja sama dengan mendeteksi wajah para tamu dan
mencocokkannya dengan data yang ada. Argus bekerja secara otomatis. Jika wajah
yang akan memasuki pintu tidak dikenal maka pintu tidak akan terbuka, kecuali
sistem keamanan telah diberi perintah terlebih dahulu. Argus biasanya dipakai
pada kantor-kantor atau apartemen mewah.
aplikasi sistem multimedia
Untuk
user yang mengalami gangguan bicara dan pandangan, system multi-media
menyediakan beberapa alat komunikasi, termasuk synthetic speech dan komunikasi
berdasarkan teks dan system konferensi. Speech input dan output merupakan salah
satu pilihan bagi yang tidak mengalami gangguan bicara. Contoh : Eyegaze yang
mengikuti gerakan mata untuk mengontrol kursor atau driver keyboard yang
dipasang di kepala user. Gerakan iayarat dan movement tracking dapat digunakan
oleh user sebagai alat kontrol.
realitas virtual
Realitas
virtual (virtual reality) berhubungan dengan simulasi yang diciptakan komputer
atas suatu situasi di mana user seolah-olah berada dalam situasi itu. Sebagai
input digunakan sarung tangan yang dapat memberikan informasi berdasarkan
gerak. Umpan balik dapat disertakan ke dalam sarung tangan tersebut sehingga
user seolah-olah dapat merasakan hentakan ketika menggenggam sesuatu objek.
Contoh : Permainan 3 dimensi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar