TUGAS
INDIVIDU VI --> INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
BAB
XI
COMPUTER-SUPPORTED
COOPERATIVE WORK (GROUPWARE)
1) Apa
yang di maksud dengan Computer - Supported Cooperative Work dan Groupware ?
Jawab :
Computer-Supported
Cooperative Work (CSCW) adalah bidang studi yang berfokus pada perancangan dan
evaluasi teknologi baru untuk mendukung kerja kelompok. Hasil dari CSCW adalah
groupware. Sehingga groupware merupakan jenis software yang mendukung kerja
kelompok (workgroup) yang terhubung ke jaringan dengan kebutuhan bekerja sama.
Sebutkan
kerangka kerja dan implementasi groupware!
Jawab :
Kerangka kerja groupware yaitu
·
Matriks waktu dan ruang
·
Shared informasi
·
Komunikasi dan kerja
·
Awareness (kesadaran)
Implementasi groupware yaitu
·
Umpan balik dan jeda dari jaringan
·
Arsitektur Groupware
·
Feedthrough dan Network Traffic
·
Graphical Toolkits
·
Robustness dan Skalabilitas
·
Skala dan pengujian
2) Sebutkan
bagian - bagian dari Computer - Supported Cooperative Work!
Jawab
:
·
Group ware tempat yang sama(colocated) dan
waktu yang sama (synchronous)
·
Group ware tempat yang sama(colocated) dan
waktu yang berbeda (asynchronous)
·
Group ware tempat yang beda(remote) dan waktu
yang sama(synchronous)
·
Group ware tempat yang beda (remote) dan waktu yang beda (asynchronous)
BAB
XII
VISUALISASI
INFORMASI
1) Apa
yang anda ketahui tentang visualisasi informasi dalam interaksi manusia dan
komputer?
Jawab
:
Visualisasi
informasi adalah suatu metode penggunaan komputer untuk menemukan metode
terbaik dalam menampilkan data untuk mengingat informasi rekayasa dalam
pembuatan gambar, diagram, grafik atau animasi untuk penampilan suatu
informasi.
2) Menurut
anda Bagaimana penerapan visualisasi informasi pada bidang- bidang berikut :
·
Pendidikan (ilmu pengetahuan)
·
visualisasi disain produk
·
multimedia interaktif
Jawab :
• Pendidikan (ilmu pengetahuan)
Salah
satu contoh penerapan dalam bidang pendidikan yaitu e-learning. Pendidikan yang
berbasis Teknologi Informasi memberikan banyak manfaat, antara lain:
o
Tidak lagi tergantung pada ruang dan waktu.
Artinya tidak ada halangan berarti untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar
lintas daerah, bahkan lintas negara misalnya melalui e-learning.
o
Dengan adanya e-learning, pengajar dan siswa
tidak lagi selalu harus bertatap muka dalam ruang kelas pada waktu bersamaan.
o
Tidak memerlukan biaya mahal. Seorang pelajar
di daerah dapat belajar langsung dari pakarnya di pusat melalui fasilitas
internet chatting atau mengakomodir suara dan bahkan gambar realtime.
o
Sekolah-sekolah dapat dengan mudah melakukan
kerjasama yang saling menguntungkan.
Sekolah yang lebih maju dapat membantu sekolah yang belum maju sehingga
dapat diupayakan adanya pemerataan mutu pendidikan.
• visualisasi desain produk
Misalnya
dalam pembuatan desain logo, desain spanduk, dll
• multimedia interaktif
o
Tutorial
Multimedia
dengan cepat telah menjadi dasar pelatihan berbasiskan komputer, sebagai contoh
perusahan menyediakan tutorial yang interaktif bagi karyawan baru untuk
mempelajari prosedur-prosedur di perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar