TUGAS E- COMMERCE --> INDIVIDU terakhir
BAB 6
KEAMANAN PADA E-COMMERCE
1) Menurut anda apa yang
dimaksud keamanan pada E-COMMERCE ?
Jawab :
keamanan
pada E-Commerce yaitu suatu upaya yang dilakukan untuk
mencegah
kerusakan yang disengaja maupun tidak disengaja dalam proses
bisnis
atau transaksi elektronik
2) Sebutkan dan jelaskan cara
kerja bentuk-bentuk pengamanan pada E-COMMERCE ?
Jawab :
• Authentication (keabsahan pengirim)
Identitas pengguna/pengirim
data teridentifikasi (tidak ada kemungkinan penipuan)
• Confidentiality (kerahasiaan data)
data tidak dapat dibaca
oleh pihak yang tidak berhak
• Integrity (keaslian data)
data tidak dapat diubah
secara tidak sah
• Non-Repudiation (anti-penyangkalan)
tidak ada penyangkalan
pengiriman data (dari pihak penerima terhadap pihak pengirim)
3) Berikan pengalaman anda
saat berbelanja pada online shop tentang pengamanannya ?
Jawab :
untuk
belanja di online shop yang pertama yaitu saya menjahui tawaran
diskon yang begitu besar dan tidak sesuai dengan
produk yang di tawarkan,
membaca komentar para pembeli, dan menyimpan
bukti pembayaran.
BAB 7
KIAT SUKSES E-COMMERCE
1) Sebutkan dan jelaskan 9 Kiat Sukses pada
E-COMMERCE ?
Jawab :
• Kenali Pelanggan
Hal
terpenting yang harus Anda lakukan untuk untuk mempromosikan bisnis Anda adalah
mengenali pelanggan Anda sedekat mungkin sehingga Anda tahu apa yang pelanggan
Anda inginkan dari produk yang Anda tawarkan. Untuk memudahkan proses mengenali
pelanggan, Anda dapat mengelompokkan pelanggan Anda berdasarkan umur.
Anda
juga dapat mengelompokkan pelanggan Anda berdasarkan pekerjaan dan latar
belakang pendidikan pelangan. Setelah mengelopokkan pelanggan dalam beberapa kelompok,
Anda perlu mencari tahu apa saja yang dibutuhkan pelanggan-pelanggan Anda dalam
tiap kelompok. Dengan demikian, Anda dapat menarik kesimpulan tentang apa yang
dibutuhkan pelanggan Anda dari tiap kelompok dan merancang produk yang Anda
tawarkan agar bisa memenuhi kebutuhan pelanggan.
• Lakukan Promosi Produk
Hal
selanjutnya yang bisa Anda lakukan dalam memasarkan produk Anda adalah dengan
melakukan promosi produk. Sediakan waktu yang cukup untuk mempromosikan produk
Anda. Promosi produk ini sangat penting, terutama untuk mengenalkan produk baru
yang Anda produksi dan menarik pelanggan untuk memebeli produk-produk Anda yang
lain.
Usahakan
promosi produk yang Anda lakukan merupakan usaha yang konsisten dan
terus-menerus sehingga para pelanggan akan terus meminati produk Anda. Ada
banyak jenis promosi yang bisa Anda lakukan seperti memasang iklan di media
cetak dan elektronik, mengirimkan pesan kepada pelanggan Anda, juga promosi
word to mouth (WOM) atau mulut ke mulut. Anda juga harus membuat promosi ini
unik dan menarik sehingga bisa bersaing dengan produk kompetitor Anda.
• Ketahui Tujuan Anda
Dalam
memasarkan dan mempromosikan produk Anda, Anda harus memiliki tujuan yang
jelas. Promosi yang Anda lakukan seharusnya bukanlah hanya sebagai promosi
saja, tetapi juga memiliki tujuan lain yang sama pentingnya seperti melakukan
promosi brand awareness,berinterksi dengan konsumen, serta sebagai sarana
komunikasi.
Strategi
bisnis brand awareness sangatlah penting dan akan memberikan dampak sangat baik
bagi produk-produk yang Anda produksi. Dengan melalukan promosi brand
awareness, pelanggan bisa mengetahui dan menyadari bahwa produk Anda ada dan
merupakan salah satu produk terbaik yang bisa mereka pilih di antara
produk-produk sejenis yang beredar.
• Manfaatkan Pemasaran
Internet
Dewasa
ini, strategi pemasaran melalui internet atau internet marketing sangatlah
penting dan dapat menunjang penjualan produk Anda. Berinteraksi dengan
pelanggan lewat internet juga akan memudahkan Anda untuk mengetahui lebih jauh
apa yang diinginkan pelanggan Anda dari produk yang Anda buat.
Strategi
pemasaran internet juga bisa dianggap strategi pemasaran yang murah jika
dibandingkan dengan teknik pemasaran lainnya. Ada banyak strategi pemasaran
internet yang bisa Anda lakukan seperti memanfaatkan akunakun media sosial dan
juga memanfaatkan pencarian mesin pencari atau SEO. Jika Anda dapat melakukan
dua strategi pemasaran internet ini dengan baik, bisnis dan produk Anda bisa
dikenal oleh kalangan konsumen yang lebih luas dan kesempatan Anda memiliki
sebuha bisnis yang sukses akan terbuka lebar.
• Pilih Lokasi Strategis
Selain
melakukan pemasaran dan promosi produk lewat internet, Anda juga harus memilih
lokasi bisnis yang strategis Pastikan lokasi Anda memulai bisnis harus sesuai
dengan tujuan Anda membuka usaha Anda. Tempat ramai di mana banyak orang
berlalu lalang merupakan salah satu pilihan favorit para pemilik bisnis untuk
membuka bisnis mereka.
Namun
demikian, lokasi strategis tidak harus merupakan tempat yang ramai. Lokasi
strategis lebih condong kepada mendukung perkembangan bisnis Anda di lokasi
yang tepat, sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Contohnya, jika Anda ingin
membuka toko baju, aksesoris, ataupun toko roti, maka tempat ramai orang
merupakan pilihan yang tepat. Tetapi jika Anda ingin membuka sebuah café di
mana orang bisa santai dan rileks, tempat yang tenang mungkin akan lebih baik.
• Jalin Hubungan dengan
Konsumen
Hal
penting lain yang harus Anda perhatikan sebagai strategi pemasaran bisnis Anda
adalah menjalin hubungan yang baik dengan konsumen. Slogan “Konsumen adalah
Raja” mungkin terdengar agak ekstrim bagi Anda, tetai ini merupakan pernyataan
yang tepat.
Tanpa
konsumen bisnis Anda tidak akan berjalan dengan baik, karena itulah Anda harus
memperlakukan konsumen Anda dengan sebaik-baiknya. Untuk menjalin hubungan baik
dengan konsumen, Anda harus berkomuniksi dan menghubungi mereka, baik itu untuk
meminta kritik dan saran untuk produk yang telah mereka beli atau untuk memberi
kabar promosi terbaru yang Anda lakukan.
• Perluas Relasi
Memperluas
relasi bisnis Anda tidak kalah pentingya sebagai strategi pemasaran bisnis
Anda. Semakin banyak relasi bisnis yang Anda miliki, semakin besar pula
kesempatan Anda untuk memperluas bisnis Anda. Banyak pemilik bisnis yang
mengabaikan hubungan baik mereka dengan pemilik bisnis lain. Akibatnya, bisnis
mereka sulit berkembang, menjadi redup, dan kemudian terpaksa gulung tikar.
Degan memiliki banyak relasi dan menjaga hubungan baik dengan relasi bisnis
Anda, Anda dapat dengan mudah memperoleh informasi bisnis melalui relasi bisnis
Anda. Anda juga dapat dengan mudah mengajukan proposal kerja sama yang akan
menguntungkan bisnis Anda dan bisnis relasi Anda.
• Ukur Pencapaian
Memasang
target dan mengukur pencapaian juga merupakan hal yang sangat penting dalam
menyusun startegi pemasaran bisnis Anda. Dengan memasang target untuk bisnis
Anda, Anda dapat melihat bisnis Anda berkembang dengan lebih nyata. Mengukur
pencapaian bisnis Anda juga akan membantu dalam menentukan strategi pemasaran
dan perluasan bisnis yang akan Anda lakukan berikutnya.
Mengukur
pencapaian bisnis ini juga merupakan sebuah evaluasi terhadap apa yang telah
Anda lakukan dalam mengembangkan bisnis Anda selama ini dan menentukan di mana
letak kekurangan dan kelebihan bisnis Anda agar dapat diperbaiki. Misalnya saja
dalam sebuah kegiatan promosi. Pasanglah target dan langkahlangkah yang dapat
Anda lakukan untuk mencapai target tersebut. Setelah kegiatan selesai, ukurlah
pencapaian kegiatan promosi Anda dan evaluasi langkah-langkah yang Anda lakukan
selama proses promosi berlangsung.
• Berpikir Out of The Box
Dalam aturan usaha berpikir di luar kotak memang
bisa diandalkan. Dalam berpikir dengan cara ini adalah berpikir dengan
menggunakan perspektif yang baru di luar masalah yang ada.
Bisa
di contohkan dalam usaha, strateginya tidak berfokus pada penurunan harga untuk
memenuhi persaingan, tapi memberi nilai tambah untuk meningkatkan penggalaman
pelanggan itu sendiri (value added). Misal jika Anda berjualan bakso, Anda bisa
melakukan diferensisasi dalam hal produk, seperti: bakso gepeng, bakso ikan,
bakso goreng , dsb. Atau bisa juga melakukan pemasaran dengan paket bakso
beserta minuman agar memudahkan pelanggan Anda dalam memilih. Dalam strategi
pemasaran Nordstrom mengungkapkan 'Berfokus Anda pada kualitas pengalaman
pelanggan dan bukan pada harganya yang sangat efektif'.
2) Apa perbedaan social media dan social
network ? berikan contohnya
Jawab :
Social
media menjadi media untuk menciptakan koneksi antara pengguna komputer dan
jaringan, sedangkan social network menjadi alat (jaringan) yang memperkuat
koneksi antara pengguna melalui minat, passion, ketertarikan pada suatu hal
yang sama (yang tersedia di dalam social media)
Didalam
komunikasinya, social media memiliki jenis komunikasi satu arah (one way
communication), sedangkan social network memiliki komunikasi dua arah.
Social
media membantu untuk menyediakan komunikasi dengan para pengguna internet
searah dan umum, sedangkan social network meningkatkan komunikasi dengan para
pengguna internet tersebut secara lebih pada satu atau beberapa pengguna,
diskusi (conversation) menjadi kunci utama didalam komunikasi ini.
Social Media
menekankan pada status (apa yang diposting/input di social media), sedangkan
social network menekankan pada peningkatan dari status di social media
tersebut.
Social media
lebih kepada sebuah media (wadah) untuk membantu pengguna internet untuk dapat
berbagi informasi, konten digital, dan data ke seluruh pengguna internet.
Sedangkan pada social network lebih ditekankan pada hubungan melalui
jaringan(network)
Waktu respon social media tidak secepat didalam
social network, contohnya komentar pada sebuah postingan social media akan
diperoleh secara bertahap, begitu juga respon komentar dari penulis postingan,
namun pada social network mengingat sifat komunikasi dua arah dan
jaringan/komunitas (minat yang sama) sehingga respon komentar akan lebih cepat
diperoleh.
* Contoh
Aplikasi Sosial Media.
• CNN, BBC, Detik, Okezone
dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai
pengganti koran/majalah.
• Google, Altavista, Yahoo dan
website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang
terdapat didalam website untuk mencari berita.
• Youtube, seleb.tv, metacafe
dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau
menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
*Contoh
Aplikasi Sosial Network
• Twitter, Facebook,
FriendsterAplikasi yang mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan cara
membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Informasi
pribadi itu bisa seperti foto – foto.
• Youtube, Devianart Disini
para user dari pengguna website ini saling meng-share konten- konten media,
baik seperti video, ebook, gambar, dan lain – lain.
• MySpace.com adalah situs
jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi,
blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia
• Multiply.com adalah salah
satu layanan Blogging yang digemari saat ini karena menyediakan fasilitas
lengkap untuk para blogger, seperti blog itu sendiri, foto album, guestbook,
music, video, link, review, dan lainnya.
3) Apa peran social media dan social
network pada E-COMMERCE ?
Jawab :
Keduanya sangat berperan penting dalam e- commerce, karena saling
berhubungan dan saling membutuhkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar