TUGAS INDIVIDU III
BAB V
DAYA GUNA
1. Apa
yang dimaksud dengan Internasional Organization for Standardization (ISO)?
Serta Jelaskan Atribut daya guna menurut ISO 1998!
ISO adalah suatu
asosiasi global yang terdiri dari badan- badan standarisasi nasional yang
beranggotakan tidak kurang dari 140 negara. ISO merupakan suatu organisasi di
luar pemerintahan yang berdiri sejak tahun 1947.
Atribut daya guna
menurut ISO 1998 yaitu tingkat produk dapat digunakan yang ditetapkan oleh user
untuk mencapai tujuan secara efektif dan tingkat kepuasan dalam menggunakan
(ISO,1998).
I. Efektifitas : ketelitian dan kelengkapan dimana user
mencapai tujuan.
II.Efisiensi : sumber daya pembelajaran
dalam hubungannya dengan ketelitian dan kelengkapan untuk user.
III.Kepuasan : bebas dari ketidak nyamanan
dan sikap positif dalam menggunakan
produk.
2. Sebutkan
dan jelaskan 6 atribut daya guna!
Terdapat 6 atribut daya guna antara
lain :
I. Efektifitas : ketelitian dan
kelengkapan dimana penggguna mencapai gol
mereka.
II. Learnabilitas : mudah untuk dipelajari
untuk user baru
III. Efesiensi : steady state penampilan
pengguna ahli
IV.
Memorabilitas
:mudah didalam menggunakan sistem dan perintah-perinyahnya mudah diingat
V. Kesalahan : tingkat kesalahan yang
kecil
VI.
Kepuasana
subjectif : bagaimana sistem nyaman digunakan
3. Jelaskan
pengertian daya guna Heuristik serta sebutkan prinsip- prinsipnya!
Daya Guna HEURISTIK Merupakan prinsip
atau panduan untuk merekayasa bentuk user interface dengan 10 prinsip :
a) Dialog yang Sederhana dan Alami
User interface mestilah
seringkas mungkin dan bersifat natural dialogue. Setiap dialog seharusnya
menghindari perintah-perintah yang tidak perlu dan tidak ada hubungannya dengan
interface, karena untuk setiap elemen baru yang ditambahkan merupakan sebuah
masalah baru yang harus dipelajari oleh pengguna.
Pendekatan yang harus digunakan adalah
dengan hanya menampilkan perintah yang diperlukan.
b) Berbicara dengan Bahasa Pengguna
Dialog seharusnya
menggunakan bahasa yang dipahami oleh user. Penggunaan singkatan dan bahasa
yang tidak jelas harus dihindari. Menghindari
perintah-perintah yang berorientasi mesi atau bahasa pemrograman.
c) Mengurangi Beban Ingatan Pengguna
User tidak seharusnya
dibebani untuk menginat atau menghafal pada saat berinteraksi dengan sistem.
d) Konsisten
User interface yang
konsisten terlihat dalam menampilkan suatu interface yang menghindarkan user
dari kesalahan saat menggunakan suatu perintah atau fungsi untuk pertama kali
e) Sistem Timbal Balik
Sistem sebaiknya
memberitahu pengguna atas segala aktifitas yang sedang berlangsung (status sistem)
. Sistem yang menunggu input dari pengguna, memproses input, menampilkan
output, dll
f) Jalan Keluar yang Jelas
Sistem harus dapat
memberikan penjelasan tentang kondisi dan solusi untuk menghindari user
terjebak dalam tampilan-tampilan yang tidak diinginkan saat berinteraksi dengan
sistem
g) Jalan pintas
Berguna untuk membantu
user agar dapat menggunakan berbagai fungsi dengan mudah.
h) Pesan Kesalahan yang Baik
Sistem sebaiknya
menyediakan mekanisme pemberitahuan kesalahan dan menunjukan situasi bahwa user
berada dalam kondisi bermasalah serta membantu user untuk lebih memahami
sistem.
Pesan-pesan kesalahan yang baik (good
error messages, aturan dalam menampilkan
pesan kesalahan:
·
Pesan
kesalahan yang digunakan harus jelas dan mudah dipahami
·
Pesan
yang disampaikan harus bersifat khusus
·
Pesan
kesalahan hendaknya menyediakan cadangan
penyelesaian atas kesalahan yang dilakukan
·
Penyampaian
pesan dilakukan dengan sopan
i) Mencegah Kesalahan
Sistem interface yang baik harus mampu
membuat user menghindari kesalahan.
j) Bantuan dan Dokumentasi
Merupakan kemudahan yang
diberikan dalam kebanyakan sistem, menjelaskan cara menggunakan sistem,
ciri-ciri khusus sistem, dan mengizinkan user untuk mengendalikan sistem dengan
lebih baik.
BAB VI
DESAIN
1. Menurut
anda, Mengapa dalam membuat desain interface membutuhkan desain yang universal
(diterima secara umum)?
Karena desain dalam
interface adalah faktor penting bagi para user untuk kenyamanan dalam
penggunaan.
2. Apa
yang dimaksud dengan User Centered Design(UCD) ? Jelaskan!
UCD
(user Centered Design) merupakan paradigma baru dalam pengembangan
sistem berbasis web. UCD didefinisikan sebagai "efficiency" the
practice of designing a product so that users can perform required operation,
service, and supportive tasks with a minimum of stress and maximum of
efficiency. Perancangan berbasis pengguna (UCD) adalah istilah yang digunakan
untuk menggambarkan filosofi perancangan. Konsep dari UCD adalah pengguna
sebagai pusat dari pengembangan sistem, dan tujuan/sifat-sifat, konteks dan
lingkungan sistem semua didasarkan dari pengalaman pengguna.
3. Sebutkan
dan jelaskan komponen antar muka!
a) Model pengguna : model konseptual yang
diinginkan pengguna dalam memanipulasi informasi dan proses yang diaplikasikan
pada informasi tersebut.
b) Bahasa perintah (command language) :
peranti pemanipulasian model, idealnya dengan menggunakan bahasa alami.
c) Umpan balik : untuk memberi keyakinan
bahwa program telah menerima perintah pengguna dan dapat memahami maksud
perintah tersebut termasuk kemampuan sebuah program yang membantu pengguna
untuk mengoperasian program itu sendiri.
d) Tampilan informasi : digunakan untuk
menunjukkan status informasi atau program ketika pengguna melakukan suatu
tindakan.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar