HUMAN COMPUTER INTERACTION


1.    Apa yang dibutuhkan agar interaksi manusia dan computer berjalan dengan baik ?
Untuk menjalin interaksi yang baik antar manusia dan computer baiknya kita terlebih dahulu merancang sistem yang mudah dioperasikan, mudah dipelajari dan nyaman untuk digunakan atau sistem yang dapat berdialog dengan pengguna seramah mungkin (user friendly).

2.    Berikan contoh akibat buruk dari perancangan suatu interface!
Kita ketahui bahwa “save” dan “delete” berada dalam kelompok yang sama dalam klasifikasi “operasi file”. Ketidaktelitian user dalam memilih antara “save” atau “delete” dapat menjadi salah satu akibat buruk yang timbul  dari perancangan interface yang merugikan bagi si user.

3.    Jelaskan : -Skill Acquisition
                     -Pola Perilaku Kasual
                     -Psikologi
a.    Skill Acquisition adalah kemampuan atau keahlian manusia yang diperoleh secara bertahap dengan cara mengamati perilaku para ahli dan pemula dalam mengelompokkan masalah. Pemula cenderung mengelompokkan masalah berdasarkan karakteristiknya dan seorang ahli mengelompokkannya berdasarkan keserupaan konsep yang mendasari masalah tersebut.
b.    Pola Perilaku Kasual adalah bentuk sikap atau kebiasaan yang terwujud dari ransangan lingkungan sekitarnya.
c.    Psikologi dalam IMK adalah suatu ilmu yang mempelajari sikap atau kebiasaan, presepsi, dan keterampilan motorik user atau pengguna.

4.  Berikan pendapat anda mengenai warna dalam interaksi manusia dan computer, Jelaskan !
            Menurut saya warna adalah poin penting yang harus diperhatikan. Karena warna adalah daya tarik yang berfungsi untuk menumbuhkan atau meningkatkan minat manusia dalam menjalin interaksi dengan computer.

5.    Mengapa manusia begitu penting dalam interaksi manusia dan computer ?
            Karena manusia sebagai pencipta sistem dan sebagai pengguna, tanpa adanya manusia tidak akan tercipta interaksi manusia dan computer.



6.  Apa yang dimaksud dengan Model Human Processor menurut Card, Moran dan Newell?
            Card,Moran, dan Newell (1980an) berpendapat bahwa Model Human Processor adalah model yang menganggap manusia sebagai sistem pemrosesan informasi.

7.    Dalam perancangan antarmuka, apa yang dapat kita lakukan untuk mengakomodasi expert frequent user?
·   Mengetahui secara detail kegunaan dari fungsi-fungsi software,
·   Dapat menggunakan fungsi-fungsinya dengan optimal,
·   Membutuhkan respon yang cepat dan tidak memerlukan feedback,
·   Memerlukan adanya perintah macro,
·   Menu-menu yang ada dibuat ringkas dan cepat.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar